Halaman

Gambar

Gambar

Kamis, 29 Agustus 2013

GRESIK KOTAKU

Gresik adalah salah satu kota peradaban islam yang kental.Di Gresik ada banyak sekali maakam-makam pahlawan islam yang telah berhasil menyebar luaskan agama islam melalui cara perdagangan,yaitu makam maulana malik Ibrahim,makam putrid cempo,makam sunan giri.Gresik mempunyai banyak pabrik-pabrik industri,maka dari itu Gresik dikenal dengan kota industry dan kota semen.Kenapa kok di bilang Kota semen? Karena pabrik semen terbesar di Indonesia adalah Kota Gresik.Pabrik Semen ini terletak di Jalan Veteran.Semen Gresik memegang saham terbesar di Indonesia yaitu 51% saham Indonesia ada di bawah kekuasaan semen greik.dan 41%di bawa kekuasan Negara Republik Indonesia(NKRI).Pada tahun 2013 ini nama semen Gresik berganti nama menjadi Semen Indonesia,hal ini di karenakan produksi semen Indoesia tidak lagi berada di Gresik,melainkan  di beerbagai Kota-Kota di Indonesia yang memiliki kekayaan alam berupa kapur.Itu adalah bahan dasar pembuatan Semen yang telah di percaya puluhan tahun lamanya.
Lah Gresik juga terkenal dengan Kota berhias Iman dan Kota yang mendapatkan penghargaan ADIPURA.kalian tau gak ADIPURA itu apa?lha ADIPURA adalah salah satu penghargaan yang di berikan kepala Negara kepada salah satu Kota yang memiliki lingkungan terberssih dan terindah.Kota Gresik berturut-turut mendapatkan penghargaan tersebut.


Sebagian besar mata pencaharian penduduk kota Gresik adalh bertani dan Industri.Kota Gresik termasuk Kota yang kecil di bandingkan dengan kota-kota lain.Makanan  khas Gresik adalah nasi krawu,jubung,pudak,legen,siwalan,bandeng presto,otak-otak bandeng dan bandeng sapit.gresik memiliki pelabuhan yang di gunakan untuk pengangkutan barang-barang industry atau barang-barang hasil industri. Gresik memiliki mutu pendidikan yang baik,bisa di lihat dari berbagai penghargaan-penghargaan yang telah di terima dari berbagai lomba atu juga olimpiade.
Gresik memiliki salah satu pantai yang berpasir putih,biasa nya masyarakat Gresik menyebutkan dengan sebutan PP.peradaban Gresik masih mengikuti peradaban masa lalu sehingga  agama masyarakat Gresik masih tercampur dengan budaya-budaya agama budha dan hindu,sedhingga tidak pure mengikuti ajaran islam yang sesungguhnya.
Tradisi masyarakat Gresik pada umumnya adalah malam selawe yang diadakan pada malam ke dua puluh lima bulan puasa,yang diadakan tepat berada di depan makam suanan giri.dan dilanjutkan dengan tradisi pelelangan ikan bandeng terbesar dengan harga yang tinggi pula,tradisi ini diadakan 3hari sebeum hari raya idul fitri.

Kota Gresik mempunyai moto kehidupan yaitu”Gresik Berhias Iman” di bawah pimpinan bupati Robach Maksum,yang sekarang diganti dengan “Gresik Semakin Maju”dibawah pimpinan Bupati Sambari yang di wakilkan dengan Qosim.Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar